Kamis, 26 April 2012

Hubungan Antara Akuntansi Manajemen dengan Akuntansi Keuangan


Dalam perusahaan-perusahaan besar, laporan keuangan yang dihasilkan dimanfaatkan oleh pihak luar yang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan tentang hubungan mereka dengan perusahaan yang bersangkutan. Informasi keuangan yang dibutuhkan pihak luar diolah dan disajikan dalam laporan keuangan.
Manajemen berbagai jenjang organisasi perusahaan memerlukan informasi keuangan untuk mengambil keputusan mengenai perusahaan itu sendiri dan bagian yang dipimpinnya. Informasi keuangan yang dibutuhkan para manajer untuk mengambil keputusan diolah dan disajikan oleh tipe akuntansi manajemen.
Dari penjelasan di atas dapat dilihat bahwa karakteristik pengambilan keputusan yang dibuat oleh pihak luar dan dalam perusahaan berbeda. Hal ini berdampak pada sistem pengolahan informasi yang menghasilkan informasi keuangan.
Adapun perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen terletak pada :
1. Pemakai informasi
Akuntansi keuangan menyajikan informasi keuangan terutama untuk pihak eksternal perusahaan seperti kreditur, pemerintah, investor, organisasi karyawan, dan lainnya. Sedangkan akuntansi manajemen terutama ditujukan untuk manajemen perusahaan.
2. Dasar penyusunan informasi
Informasi keuangan disusun berdasarkan Prinsip – prinsip Akuntansi yang Berlaku Umum (PABU) sebagai pedoman dalam mengolah data keuangan untuk disajikan kepada pemakainya. Penggunaan prinsip akuntansi ini diperlukan oleh pihak luar sebagai jaminan bahwa informasi keuangan yang disajikan oleh berbagai pihak dapat dibandingkan satu dengan yang lainnya sehingga mereka dapat membuat suatu keputusan yang relevan.
Sedangkan informasi manajemen tidak terikat oleh Prinsip – prinsip Akuntansi yang Berlaku Umum. Dalam akuntansi manajemen tidak ada diatur bagaimana informasi tersebut disajikan. Bagi pemakai informasi akuntansi manajemen yang terpenting adalah manfaat informasi tersebut.
3. Fokus Informasi
Informasi akuntansi keuangan menggambarkan tentang posisi dan kemampuan keuangan perusahaan secara keseluruhan. Di pihak lain, akuntansi manajemen mengolah dan menyajikan informasi keuangan untuk memenuhi keperluan manajer tertentu dalam suatu perusahaan.
4. Orientasi Informasi
Informasi akuntansi keuangan hanya mencakup data masa lalu, sedangkan akuntansi manajemen memberikan informasi yang mencakup data masa yang akan datang.
5. Tipe informasi
Informasi keuangan terutama merupakan informasi yang dinyatakan dengan satuan uang, sedangkan informasi manajemen mencakup informasi yang bersifat keuangan maupun non keuangan.
6. Ketepatan informasi
Informasi yang disajikan akuntansi keuangan lebih tepat dibandingkan dengan informasi akuntansi manajemen karena penyusunan informasi akuntansi keuangan relatif lebih panjang dibandingkan penyusunan informasi akuntansi manajemen yang lebih menekankan pada ketepatan waktu, bukan ketepatan data.




Perbedaan antara kedua tipe informasi akuntansi ini secara ringkas dapat dilihat pada tabel berikut:
Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen
No.Faktor PerbedaanAkuntansi keuanganAkuntansi Manajemen
1.Pemakai informasiPihak-pihak eksternal
organisasi, misalnya:
pemegang saham, pajak,
kreditur
Pihak-pihak internal
organisasi yaitu berbagai
tingkatan manajemen
2..Dasar penyusunan
informasi
Prinsip Akuntansi yang
Berlaku Umum
Tidak terikat oleh
Prinsip Akuntansi, yang
lebih penting adalah
manfaat informasi
3.Fokus informasiPerusahaan secara
keseluruhan
Bagian-bagian dalam
perusahaan
4.Orientasi
informasi
Orientasi masa lalu,
penilaian historikal
terhadap kemampuan
ekonomi masa lalu
Orientasi masa depan,
prediksi dengan
mempertimbangkan
faktor ekonomi dan
nonekonomi
5.Tipe informasiInformasi moneterInformasi moneter dan
nonmoneter
6.Ketepatan
informasi
Data yang disajikan
lebih tepat
Lebih ditekankan pada
ketepatan waktu
daripada ketepatan data
Sumber : Halim dan Supomo, Akuntansi Manajemen
Di samping terdapat perbedaan di antara keduanya, ada pula kesamaan antara akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan. Adapun kesamaan tersebut antara lain adalah :
  1. Antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen keduanya merupakan tipe informasi akuntansi.
  2. Prinsip akuntansi yang digunakan untuk penyusunan informasi akuntansi keuangan juga merupakan prinsip pengukuran yang relevan dalam akuntansi manajemen.
  3. Akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen menggunakan informasi operasi yang sama sebagai bahan baku untuk menghasilkan informasi.

1 komentar:

  1. Ok makasih Sudah mengunjungi blog saya... Salam knal Jg :)

    BalasHapus

animasi bergerak gif
Mirip Aku