Kamis, 26 April 2012

Konsep Pengembangan Sumber Daya Manusia


Konsep Pengembangan Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia merupakan unsur yang sangat vital dalam setiap organisasi, karena faktor sumber daya manusia sangat dominan dalam proses kerja dalam organisasi maka untuk mencapai tujuan organisasi maka perlu diadakan pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja, keterampilan, prilaku serta pengetahuan pegawai. Disamping itu, perubahan yang terjadi seiring modernisasi baik itu dalam lingkup organisasi maupun dari luar menuntut setiap organisasi untuk melakukan pengembangan sumber daya manusia.
Sumber daya manusia yang berkualitas tinggi menurut Ndraha (2002:12) adalah “sumber daya manusia yang mampu menciptakan bukan saja nilai komparatif, tetapi juga nilai kompetitif, generatif, inovatif, dengan menggunakan energi tertinggi seperti intelligence, creativity, dan imagination”.
Pengembangan sumber daya manusia sebagi salah satu fungsi manajemen sumber daya manusia merupakan cara untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi pegawai agar memiliki daya saing yang tinggi. Selain itu juga pengembangan sumber daya manusia diperlukan sebagai upaya untuk menanggapi dinamika lingkungan yang terus berkembang dan sulit diprediksi sebelumnya, seperti tingkat kemajuan teknologi yang kian berkembang, peningkatan tingkat yang kian tinggi serta perubahan nilai kerja dan lain sebagainya.
Pengembangan sumber daya manusia berarti upaya untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, pengetahuan, pengembangan wawasan dan pemahaman teknologi dalam rangka pelaksanaan pembangunan. Menurut Notoatmodjo (2009:3,4) adalah sebagai berikut :
“pengembangan sumber daya manusia baik secara makro maupun secara mikro. Pengembangan sumber daya manusia secara makro adalah suatu proses peningkatan kualitas atau kemam[puan manusia dalam rangka mencapai tujuan pembangunan bangsa yang mencakup perencanaan, pengembangan, dan pengelolaan. Sedangkan pengembangan sumber daya manusia secara mikro adalah suatu proses perencanaan pendidikan,pelatihan dan pengelolaan tenaga kerja atau karyawan untuk mancapai suatu hasil yang optimal”.
Pengertian pengembangan sumber daya manusia juga dikemukakan oleh Kiggundu (Sulistiyani, 2003: 270-271) bahwa :
‘pengembangan sumber daya manusia berkaitan dengan pengembangan perencanaan institusi dan proses prilaku untuk mendapatkan pengetahuan secara umum, ketrampilan, sikap, nilai, dalam rangka mengembangkan diri secara umum’.
Berdasarkan pengertian diatas bahwa pengembangan dilakukan agar pegawai sebagai sumber daya manusia dipandang sebagai penggerak utama aktivitas organisasi dalam mencapai tujuannya, dan ini membutuhkan suatu pengetahuan dan keterampilan. Kebutuhan dan keinginan yang terdapat dalam diri pegawai tersebut pada akhirnya akan membentuk perilaku serta sikap dalam organisasi.
Disamping itu, pengembangan dilakukan kepada pegawai agar meningkatkan kemampuan bidangnya dalam organisasi. Menurut Malayu S.P. Hasibuan (2006:69) dalam “Manajemen Sumber Daya Manusia” adalah sebagai berikut”:
“Pengembangan adalah suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis, konseptual dan moral karyawan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan/jabatan melalui pendidikan dan pelatihan. Pendidikan meningkatkan keahlian teoritis, konseptual dan moral karyawan sedangkan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknis pelaksanaan pekerjaan karyawan.”
Hal senada juga dikemukan oleh Andrew E. Sikula (Sedarmayanti, 2007:164) bahwa :
“Development is a long-term educational process utilizing a systematic and organized procedure by which manegerial personel learn conceptual and theoritical knowladge for general purpose”. (pengembangan adalah suatu proses pendidikan jangka panjang memanfaatkan prosedur sistematis dan terorganisir, dimana personel manajerial mempelajari pengetahuan konseptual dan teoritis untuk tujuan umum).
Dari definisi diatas pengembangan meletakkan manusia sebagai objek utama melalui usaha yang bersifat teknis, teoritis, konseptual dan moral agar dapat meningkatkan kemampuan pegawai dan dijalankan berdasarkan prosedur yang sistematis dan terorganisir. Diketahui pula, bahwa pengembangan sumber daya manusia umumnya difokuskan pada pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, sebagaimana juga diungkapkan oleh Henry Simamora (2004:4) bahwa:   
“Pengembangan menunjukkan perubahan kealian,pengetahuan, sikap atau perilaku. Aktivitas-aktivitas pengembangan adalah program perbaikan organisasional yang terancana dan penting bahwa aktivitas tersebut direncanakan secermat mungkin karena tujuan akhirnya adalah menghubungkan muatan pelatihan dengan perilaku yang dikehendaki”.
Selanjutnya Sedarmayanti (2007:167) menjelaskan tujuan dari pengembangan sumber daya manusia menyangkut dengan pendidikan dan pelatihan yaitu:
“pengembangan sumber daya manusia bertujuan untuk menghasilkan kerangka kerja yang bertalian logis dan komprehensif untuk mengembangkan lingkungan di mana karyawan didorong belajar dan berkembang. Aktivitas pengembangan sumber daya manusia termasuk program pelatihan tradisional, tetapi penekanannya lebih banyak pada modal intelektual dan mempromosikan pembelajaran organisasi, tim dan individu.
Hal serupa juga dikemukan oleh Manullang (2005:202) bahwa
“terdapat berbagai aktivitas yang dapat dilakukan oleh suatu organisasi untuk mengembangkan tenaga kerja, aktivitas tersebut antara lain: a). Pelatihan/ pendidikan; b) Rotasi Jabatan; c) Delegasi Tugas; d) Promosi; e) Pemindahan; f) Konseling; g) Penugasan dalam keanggotaan suati panitia dan f) Konferensi.
Berdasarkan uraian-uraian pemaparan tersebut, bahwa nampak banyak metode yang dapat digunakan dalam pengembangan sumber daya manusia. Dapat pula disimpulkan bahwa pengembangan sumber daya manusia mempunyai manfaat yang besar bagi organisasi dalam mencapai tujuannya.
Secara garis besar dari pendapat-pendapat yang dipaparkan diatas, peneliti menarik kesimpulan bahwa untuk melakukan pengembangan sumber daya manusia pada suatu organisasi dapat dilakukan melalui: a) pendidikan formal, b) pelatihan dan c) pengembangan karier melalui mutasi dan promosi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

animasi bergerak gif
Mirip Aku