Kamis, 26 April 2012

Logo Coca Cola, simbol anti Islam


Perusahaan minuman ringan Coca Cola telah banyak menuai kritik atas efek negatif produk mereka terhadap kesehatan dan lingkungan. Tapi yang paling kontroversial, logo perusahaan tersebut dituding sebagai simbol anti Islam.
Coca Cola tak hanya menuai kritik atas efek negatif terhadap kesehatan. Sebuah kampanye di Mesir menuduh logo Coca Cola adalah sebuah simbol anti Islam.
Sebuah kampanye di Mesir untuk memboikot minuman ringan tersebut menunjukkan bahwa bila logo Coca Cola dilihat melalui cermin, akan terlihat seperti tulisan Arab yang mempunyai arti “No to Mohammed. No to Mecca”. Kepala keagamaan Shias, Maulana Kalbe Jawwad, mengatakan bahwa hal tersebut adalah penghinaan terhadap agama Islam dan meminta umat Muslim di seluruh dunia untuk memboikot Coca Cola.
Maulana juga meminta kepada semua praktisi Muslim untuk menyebarkan pesan tentang logo Coca Cola yang sangat menghina tersebut. Kepala Sekolah Nadwa College di Lucknow, S.R Azmi Nadvi, menyatakan bahwa kata-kata tersebut “berlawanan dengan agama kita.” Saya sudah melihat logo tersebut dan saya yakin bahwa itu adalah pencemaran terhadap kesucian Islam,” katanya. Masalah mengenai logo Coca Cola yang melecehkan kaum Muslim ini telah dibawa kepada Dewan Hukum Personal Muslim dan Liga Dunia Arab Islam di Mekkah.
Namun perusahaan Coca Cola melontarkan pembelaan, dengan mengatakan bahwa “minuman kami telah dinikmati oleh lebih dari satu miliar Muslim di seluruh dunia. Sheikh Nasser Farid Wassel, tokoh agama senior di Mesir, memeriksa logo berusia 114 tahun tersebut bersama sebuah panel yang terdiri dari para ahli keagamaan. Merek dagang tersebut didesain 114 tahun lalu dan tidak pernah berubah sampai sekarang. kata Sheik Nasser. “Logo tersebut ditulis dalam bahasa asing dan bukan dalam bahasa Arab”. Sheikh Nasser menyatakan bahwa merek dagang Coca Cola tersebut tidak melukai Islam atau umat Muslim secara langsung ataupun tidak langsung.
* diolah dari berbagai sumber

2 komentar:

  1. Bisa sih dianggap terselubung, karena biasanya logo perusahaan sekelas coca cola dalam 20 tahun biasanya perlu dimodifikasi logo kalau tidak mau dirubah. Saya sudah stop semua minoman yang beraroma cola ini tapi lebih dikarenakan tidak sehat. Salam kenal dan salam sukses

    BalasHapus
  2. Waalaikumussalam kawan.

    BalasHapus

animasi bergerak gif
Mirip Aku