Kamis, 26 April 2012

Pengertian Akuntansi Manajemen


Perkembangan yang pesat di bidang akuntansi manajemen mendorong para pakar di bidang akuntansi manajemen, baik perorangan maupun dalam wadah lembaga akuntansi untuk merumuskan definisi akuntansi manajemen. Dari definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan batasan dari akuntansi manajemen dan profesi akuntansi manajemen yang akan datang.
Dalam dunia usaha, mulai dari usaha kecil sampai pada perusahaan besar membutuhkan informasi akuntansi sebagai alat pengawasan maupun sebagai dasar pengambilan keputusan. Dalam proses pengambilan keputusan, seorang manajer membutuhkan informasi akuntansi manajemen, karena informasi manajemen cakupannya lebih luas, tidak hanya menyangkut masalah keuangan tetapi juga masalah non keuangan.
Berikut hanya sebagian pengertian akuntansi manajemen dibawah ini, karena masih belum ada kesepakatan diantara para ahli mengenai hal ini, ada yang membedakan antara akuntansi dan manajemen, justru ada juga yang menyamakan diantara keduanya:
Menurut Horngren, Sundem dan Stratton (2005 : 5), akuntansi manajemen didefinisikan:
“Management Accounting is the process of identifying, measuring, accumulating, analizing, preparing, interpreting, and communicating information that helps managers fulfill organizational objectives”.
Dari definisi di atas dapat diketahui bahwa akuntansi manajemen mencakup ruang lingkup yang amat luas yaitu mencakup analisis keuangan, internal kontrol, sistem akuntansi, akuntansi biaya, audit internal, dan akuntansi keuangan.
Menurut Abdul Halim dan Bambang Supomo (2001 : 3),
Akuntansi Manajemen adalah suatu kegiatan (proses) yang menghasilkan informasi keuangan bagi manajemen untuk pengambilan keputusan ekonomi dalam melaksanakan fungsi manajemen”.

1 komentar:

  1. Ok makasih Sudah mengunjungi blog saya... Salam knal Jg

    BalasHapus

animasi bergerak gif
Mirip Aku